Tuesday, April 5, 2016

Sebagaimana "Nanti Bagaimana?" Liburan untuk kehidupan *ceritagakpenting

Woopp... Wooop... Wooop...
“Byuuurrr.....”

    Jam dinding dirumah gw menunjukan jam 04.00, dipagi yang masih buta dan dinginnya ajib ini gw udah mandi2x cantik bersiap buat liburan. Yipiiieee... packing2x seadanya dan meluncur indah bareng abang gojek ke stasiun Depok untuk dilanjutkan meeting point ke Kali Adem, jadwal meeting pointnya jam 06.00 tepat disana. Glek, jam 6 tepat harusnya udah disana sementara jam 04.00 ini gw baru mandi dan packing2x. Huufftt... ini kebiasaan jelek gw yang udah diwarisi turun temurun dari zaman nenek buyut gw masih bertahta... Ratu Elizabeth :D
Benar aja kawaaann... sampe di TKP jam 07.30, hahaha.... bikin tim leader agak2 “spaneng” ngeliat kelakuan gw dan hmmm temen gw waktu itu. Sampai di Kali Adem, bukan sesosok mas Daniel yang menyerupai manusia yang gw temui, tapi lebih mirip Sen Seiya yang udah gak makan 3 hari 2 malam. Sereeemm maaann.
Mas D     : “Kalian dari manaaaa??? Jam 06.00 jadwal meeting point, untung kapal berangkat jam 08,00.”
Gw dan temen  : *nyengir kuda, berharap kesalahan bisa diampuni dengan rentetan gigi gw yang gak rapi ini (OK fine, pliss gak usah diperpanjang)

                                                                                          ***

        Yup, hari ini gw dan temen gw liburan bareng Trip Organizer ke pulau seribu, yaahh bukan lokasi tujuan yang spesial banget emang, karena jaraknya terbilang deket, tapi buat jeda waktu liburan 2 hari, lumayanlah *nasib belum dapat cuti.
Ada plus minusnya ikutan trip bareng TO, plusnya yang pasti dapet kenalan banyak dari seantero jagad raya alam semesta ini. Minusnya? Buat manusia petakilan kek gw yang kadang tetiba hilang dan uncontrolled pastinya ngeribetin mas2x TO.

         Gw udah pernah ikutan TO sebanyak 3x sebelumnya. TO pertama, gue totally hilang dibukit Telletubies, karena nekat ikut trip sendiri, petakilan jalan sana sini, sampe rombongan dengan relanya meninggalkan gw sendirian *jahaaattt T_____T

TO kedua karena bandel gak ngikutin langkah kaki sang team leader waktu body rafting di kembarannya Grand Canyon, gw terbawa pusaran arus yang bikin gw setengah hidup cuma biar bisa keluar dari pusaran air yang seremnya pake banget itu *huufftt, Thank God, I’m still alive
Nah yang ketiga, ini agak aman, karena gw ajak temen. Ya paling cuma bikin mereka bete gegara gw nekat gak mandi karena antrian rombongan cewek2 cantik nan manja buat mandi itu panjang beeettt... sementara mereka mandinya lama dan gw gak suka *selfish? Yes I am, biarin aja.

       Hal yang paling gak bisa gw ubah adalah kebiasaan buruk yang udah menempel didalam sanubari dan jiwaraga gue, prinsip “Gimana nanti” bukan “Nanti bagaimana?”. Sebagai makhluk yang terlahir dikeluarga yang lumayan unik, gw jadi terbiasa dengan kebiasaan ini. Ayah, sosok yang hampir sifatnya 70% menular ke gw: nekat, petakilan, bad prepared, stubborn, cuek, etc. Dulu waktu beliau masih ada, sering banget ngajak nge-date putrinya yang cantik jelita ini untuk liburan *kibas jilbab. Tapi untuk liburan yang serba dadakan. Tetiba abis subuh ketika bahkan nyawa belum masuk sepenuhnya ke raga , dia ajak nge-bike ke air terjunlah. Ketika hampir menjelang malam dia tetiba ajak mancinglah ke pulau yang ombak malamnya ajib nyereminnya. Yang paling lumayan agak-agak, subuh2x gw masih tertidur cantik gw diseret diajak ke cisolok sukabumi, pakaian gw dipacking sama dia. Sampai disana rasanya gue pengen loncat aja dari tebing pelabuhan Ratu, gegara pakaian yang doi packing warnanya merah. M-E-R-A-H maaannn.... tetiba terngiang2 sesosok Ratu Gunung Kidul merasa tersaingi sama kecantikan dan pesona gw, nanti dia marah, nanti dia tiba2x.. aaahhhhhh...

Gw       :”Daaaadddd, r u kidding me???? R-E-D... in this kinda place” celetuk gw
Bokap   :”Ya gapapa, itu kan mitos, sekalian uji coba laaahh.”
Uji coba ke anaknya sendiri??? Syuper sekali sosok bapak yang satu ini. Huuffttt T___T

Ya begitulah, setiap jalan gw pasti berdua, gak pernah ajak ma2x, nampaknya beliau gak sanggup klo harus jalan sama dua makhluk aneh kek suami dan anaknya ini.
Eiiittsss, tapi kadang mereka curang, mereka juga gak kalah dadakan klo mau pergi2x, tetiba gw mw berangkat kuliah mereka kasih kunci rumah sambil berkata enteng “Bawa kunci ya, qt berdua mau  keluar kota, sebentar paling cuma 10 hari, uang jajan dikantong kulkas” *Gleekk.

Yang lebih parah, gw pulang kuliah, bukan sambutan hangat mereka yang gw terima, cuma secarik kertas menempel dipintu, “Kunci ada ditetangga, uang jajan dikantong kulkas, jaga rumah ya, gak lama, cuma seminggu.” Gw yang cuma sendirian dirumah apa daya gitu kan, kayak bidadari dari kahyangan yang dikutuk ke bumi, ke rumah kosong ini, sendirian *menyedihkan.

        Mereka hampir gak pernah kasih kabar atau nanyain kabar putrinya yang cantik jelita ini kalau lagi liburan. Pernah waktu mereka ‘terdampar’ di negeri para Nabi, gw ditinggal di rumah sepi ini sendiri, 1 hari... 2 hari.... 1 minggu... 2 minggu... baru minggu ke 3 ayah nelepon, bukan untuk nanya kabar, tapi live report kalau doi lagi minum susu unta disana *huuuuuuuuuuuuffftttttttt.....

        Tapi itu sudah berlalu, semenjak ayah gak ada, gak ada lagi hal-hal konyol dan ajaib yang terjadi di rumah ini. Daaaaddd, I miss u so badly T____T

Hanya warisan “Bagaimana nanti” nya yang melekat ke diri gw. Selama gw jalan kemanapun itu, gw gak pernah sekalipun well-prepared, selalu packing dadakan, on the spot baru cari2x tempat kece, bahkan gw gak pernah tau cara booking tiket hotel gegara selalu sedapetnya aja buat cari penginapan. Hal yang agak konyol adalah ketika mendarat di Thewet, dengan bahasa Inggris penduduk pinggiran kota yang seadanya, gw minta ditunjukan tempat penginapan yang terdekat, sesuai prediksi, mereka gak paham, searching2x dapatlah tempat penginapan yang tulisan alamatnya keriting2x, gw tunjukan ke driver Taxi, berhasilah gw mendarat ke satu hotel yang Masya Allah Innalillahi, serem banget. Entah ini hotel sudah berapa ribu tahun berdiri, mungkin bahkan sebelum Nyonya Menir berdiri. Dengan amat terpaksa gw tetep bermalam disana, terkadang sekelebat ingatan sosok2 hantu2x Thailand yang nyereminnya naudzubillah muncul disamping gw. Huaaaa... pengalaman... pengalaman...

Tapi itulah serunya, gw mulai memahami kenapa ortu demen banget pergi kemana2 dadakan. “Overplanning Kills Magic”, ungkapan ayah yang gak pernah hilang dari ingatan gw.
Dan sekarang bagian kerjaan gw salah satunya adalah urus2x perjalanan orang lain, harus well-prepared from A to Z, tantangan berat banget buat gueee.... gw yang tipe berantakan, bad-planner, gak detail, gak rapi, dekil, kumuh, ingusan *apalah... harus mengganti paradigma “Bagaimana nanti” dengan “Nanti bagaimana” in sudden di otak gue, huuffttt.... terkadang masih banyak perintilan2x yang masih aja lupa, dan baru “ngeh” klo disentil otaknya, dan pas momen itu gw cuma bisa jawab lugu sambil nyengir kuda “Oh iya ya pak?!” *sambil pura2 mati

***
-Kembali ke cerita awal-

Hahahahaha... kepanjangan cerita ngalor ngidul gw jadi lupa tadi lagi cerita tentang liburan gw ke pulau seribu kali ini, dan jari jemari gw udah mulai lelah mengetik *halah
Intinya liburan gw kali ini menyenangkan, Trip bareng TO kali ini aman sentosa, karena ada temen yang bareng gw, jadi petakilannya masih bisa dikontrol.

Gw mau kasih foto-foto sunset kece hasil jepretan gw dimari. Bekicot!!!








No comments: